translate

Sunday, December 11, 2011

Tugu Pangkal Perjuangan karawang

DI INDONESIA BANYAK SEKALI TUGU – TUGU PENINGGALAN SEJARAH,DI ANTARANYA Tugu Proklamasi di Jakarta,tugu pahlawan di Surabaya,tugu pancasila di lubang buaya,tugu muda di semarang dan tugu pangkal perjuangan di karawang.yang merupakan slah satu monument kebanggaan kota karawang.

Tugu pangkal perjuangan terletak di desa bojong,kec,rengasdengklok, + 20 km di sebelah utara kota karawang,tugu ini dibangun tahun 1972.
Tugu pangkal perjuangan di bangun untuk mengenang peristiwa rengasdengklok yang terjadi pada tanggal 16-agustus 1945.
Pada 16 agustus 1945 soekarno – hatta di culik oleh para pemuda,mereka mendesak soekarno – hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia,akhirnya setelah didesak oleh para pemuda soekarno-hatta mau memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945.
Penyusunan naskah proklamasi di laksanakan di rumah djaw ki song di rengasdengklok dan proklamasi kemerdekaan Indonesia terwujud pada tanggal 17 agusutus 1945,pukul 10.00 wib,di jl.pegangsaan timur no 56 jakarta.
Rumah djaw ki song tidak jauh dari tugu pangkal perjuangan tapi rumah itu hanya replikanya saja.karena yang asli sudah hancur karena terkena abrasi sungai citarum yang melintas di kawasan rengasdengklok.

dedi iswanto

hanya manusia biasa yang mencoba belajar agar bisa bermanfaat untuk orang lain.

0 comments:

Post a Comment

Cari Artikel

 

Copyright @ 2015